PTK

Penelitian Tindakan Kelas

Oleh: Mukh Doyin
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
FBS Unnes

disajikan dalam Bimbingan Teknik Penulisan Karya Ilmiah
untuk Guru SLTP/M.Ts. se-Jawa Tengah
Semarang, 20–26 Maret 2006

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAWA TENGAH
2006

Tahap action research
perencanaan (planning)
tindakan (action)
evaluasi (evaluation)

Karakteristik Penelitian Tindakan:
(1) Merupakan intervensi skala kecil yang dapat ditempuh untuk memperbaiki cara kerja
(2) Bersifat partisipatif, artinya melibatkan para pelaksana program sehari-hari di dalam penelitian sebagai partisipan
(3) Bersifat kolaboratif, dalam arti antara peneliti dan partisipan terjadi kerja sama yang saling melengkapi
(4) Dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki pelaksanaan suatu program agar lebih efektif dan efisien
(5) Merupakan proses pembelajaran bagi partisipan
(6) Dilaksanakan melalui putaran-putaran berspiral


PTK

Penelitian tindakan yang dilaksanakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar

BIDANG PTK
Strategi/Metode/Teknik Pembelajaran
Media Pembelajaran
Sistem Evaluasi
Materi Pembelajaran
Sarana
Kebijakan Sekolah
Buku Teks/LKS
Motivasi

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A. Judul Penelitian
B. Bidang Ilmu
C. Latar Belakang Masalah
D. Rumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian
G. Landasan Teoretis dan Hipotesis Tindakan
H. Metode Penelitian
I. Jadwal Pelaksanaan
J. Personalia
K. Biaya
L. Lampiran

LANDASAN TEORETIS DAN HIPOTESIS TINDAKAN

(1) Tinjauan Pustaka
(2) Landasan Teoretis
(3) Kerangka Berpikir
(4) Hipotesis Tindakan

METODE PENELITIAN

1) Setting dan Subjek Penelitian
2) Variabel Penelitian
3) Desain Penelitian
4) Instrumen Penelitian
5) Teknik Pengumpulan Data
6) Teknik Analisis Data

LAMPIRAN

1) Daftar Pustaka
2) Instrumen Penelitian
3) Foto

CONTOH PROPOSAL PTK

A. Judul Penelitian
Pengembangan Model Evaluasi Komunikatif dalam Pembelajaran Kontekstual Keterampilan Berbahasa di SMP

B. Bidang Ilmu
Pendidikan

C. Pendahuluan

D. Kerangka Teoretik
1. Tinjauan Pustaka
2. Landasan Teori
a. Hakikat Evaluasi
b. Model Evaluasi Komunikatif
c. Pembuatan Rancangan Tes
d. Pendekatan Kontekstual dan Penilaian Berbasis Kelas

E. Tujuan Penelitian

F. Kontribusi Penelitian

G. Metode Penelitian
1. Desain Penelitian
2. Populasi dan Sampel
3. Variabel Penelitian
4. Data dan Teknik Pengumpulan Data
5. Teknik Analisis Data

H. Jadwal Penelitian
I. Personalia Penelitian
J. Biaya
K. Daftar Pustaka

Contoh Langkah Kerja Penelitian


identifikasi penyusunan diskusi
masalah model pemantapan
evaluasi model
menulis evaluasi
diskusi menulis
evaluasi
menulis uji coba
model diseminasi
evaluasi model
evaluasi evaluasi
refleksi menulis
sistem diagnosis
evaluasi ulang
menulis model rekomendasi
(Tindakan 2) dan laporan
hasil
observasi
dan kajian
Tindakan 2


Contoh Jadwal Penelitian

NO KEGIATAN BULAN PELASKSANAAN
1 2 3 4 5 6 7 8
1 Persiapan X
2 Survai dan Studi Dokumentasi X
3 Diskusi X
4 Penyusunan Model X
5 Uji coba model X X
6 Pemantapan model X
7 Desiminasi model X
8 Pembuatan laporan X

Contoh Biaya Penelitian

NO KEGIATAN PERINCIAN JUMLAH
A. TAHAP PERSIAPAN
1. Penyusunan proposal
2. Perizinan
3. Diskusi

5x2 x Rp50.000 Rp250.000,00
Rp750.000,00
Rp500.000,00
B. TAHAP OPERASIONAL
1. Honorarium Peneliti
a. Ketua
b. Anggota 1x10xRp50.000
2x10xRp25.000 Rp500.000,00
Rp500.000,00
2. Bahan dan Peralatan
a. ATK
b. Sewa alat Rp550.000,00
Rp450.000,00
3. Trans dan Akomodasi
a. Survai lapangan
b. Diskusi perencnaan
c. Pengambilan data
d. Perumusan hasil 2x2xRp150.000
4x2xRp150.000
5x5xRp100.000
2x5xRp100.000 Rp600.000,00
Rp1.200.000,00
Rp2.500.000,00
Rp1.000.000,00
C. PENYUSUNAN LAPORAN
1. Penyusunan laporan
2. Seminar/diseminasi hsl Rp500.000,00
Rp500.000,00

JUMLAH TOTAL Rp10.000.000,00
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Bagian Awal

Halaman Judul
Abstrak
Kata Pengantar
Daftar Isi

Bagian Utama

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Rumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian

BAB II LANDASAN TEORETIS DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A. Tinjauan Pustaka
B. Landasan Teoretis
C. Kerangka Berpikir
D. Hipotesis Tindakan

BAB III METODE PENELITIAN
A. Subjek Penelitian
B. Variabel Penelitian
C. Desain Penelitian
D. Instrumen Penelitian
E. Teknik Pengumpulan Data
F. Teknik Analisis Data

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB V PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Bagian Awal
Halaman Judul
Abstrak
Abstrak merupakan intisari yang sangat penting dari hasil penelitian. Abstrak berisi latar belakang masalah, tujuan penelitian, pelaksanaan penelitian, dan hasil penelitian.

Kata Pengantar
Daftar Isi

Bagian Utama

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pada bagian ini pada prinsipnya berisi pemaparan kondisi tempat dan sasaran penelitian sehingga sampai pada simpulan perlunya diadakan perbaikan. Paparan tersebut dapat berbentuk:
(1) Paparan tentang adanya kesenjangan antara kondisi senyatanya dan kondisi yang diidealkan.
(2) Paparan tentang langkah-langkah yang dapat dipakai untuk meningkatkan atau memperbaiki kondisi riil supaya dapat mencapai kondisi ideal.

B. Identifikasi Masalah
Bagian ini berisi masalah-masalah yang mungkin muncul berkaitan dengan topik umum penelitian. Masalah tersebut dapat dilihat dari berbagai sudut atau bagian.

C. Pembatasan Masalah
Pembatasan masalah pada hakikatnya merupakan penyempitan dari identifikasi masalah. Jika dalam identifikasi masalah peneliti melihat munculnya masalah dari berbagai sudut, pada pembatasan masalah peneliti hanya memfokuskan pada satu atau dua sudut saja. Pembatasan ini terutama berkaitan dengan kemampuan peneliti, keilmuan, waktu, dan biaya.


D. Rumusan Masalah
Rumusan masalah merupakan pemfokusan dan pengkonkretan identifikasi masalah, yang biasanya dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya.

E. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian harus sesuai atau sejalan dengan rumusan masalah. Dengan demikian, untuk memudahkan perumusan, jika masalah yang dirumuskan hanya dua, tujuannya pun dua. Demikian juga nantinya dengan simpulan.

F. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian dapat dilihat dari sifat dan sasarannya. Dari segi sifat, manfaat penelitian dapat berupa manfaat teoretis dan manfaat praktis. Dari sisi sasaran, manfaat dapat tertuju kepada guru, murid, pengelola sekolah, atau bahkan orang tua siswa atau masyarakat umum.

BAB II LANDASAN TEORETIS DAN HIPOTESIS TINDAKAN

A. Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka berisi kajian terhadap penelitian-penelitian yang memiliki kesamaan topik yang sudah dilakukan beserta bahasan atas hasil yang ada. Di sinilah peneliti dapat menunjukkan pembaharuan penelitiannya dibandingkan dengan penelitian sebelumnya.

B. Landasan Teoretis
Bagian ini berisi teori-teori atau konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian atau yang dijadikan acuan dalam penelitian.

C. Kerangka Berpikir
Bagian ini berisi alur berpikir yang logis untuk memecahkan masalah penelitian. Paparan dapat dimulai dari kondisi awal, kemudian dilanjutkan dengan upaya pemecahan, dan diakhiri dengan capaian yang diinginkan.

D. Hipotesis Tindakan
Hipotesis tindakan merupakan dugaan sementara hasil yang akan dicapai dalam penelitian tersebut.
BAB III METODE PENELITIAN

A. Setting dan Subjek Penelitian
Bagian ini berisi penjelasan tentang setting dan subjek penelitian. Setting mencakupi kapan dan di mana penelitian dilaksanakan beserta alasannya, sedangkan subjek penelitian berisi siapa yang menjadi sasaran penelitian beserta alasannya.

B. Variabel Penelitian
Ada dua variabel tindakan yang biasa dicantumkan pada bagian ini, yaitu variabel input-output dan variabel proses. Variabel input-output berisi tentang pencapaian hasil tindakan dari kondisi pratindakan sampai pada tindakan yang diharapkan; variabel proses berisi tindakan apa yang dilakukan untuk mencapai target.

C. Desain Penelitian
Bagian ini berisi model penelitian tindakan kelas, yaitu terbagi atas siklus-siklus. Masing-masing siklus berisi empat langkah, yaitu (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) refleksi.

D. Instrumen Penelitian
Bagian ini berisi bentuk instrumen dan validitas instrumen. Bentuk instrumen dapat berupa tes—lisan, tertulis, tindakan—dapat juga berbentuk nontes—wawancara, angket, jurnal, dsb. Validitas instrumen dapat dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, dan triangulasi.

E. Teknik Pengumpulan Data
Bagian ini berisi cara mengumpulkan data, baik dengan teknik tes maupun dengan teknik nontes.

F. Teknik Analisis Data
Bagian ini berisi langkah-langkah analisis data, mulai dari pengidentifikasian sampai dengan penyimpulan.

BAB IV HASIL PENELITIAN

Bab ini berisi deskripsi hasil penelitian mulai dari pratindakan sampai pada siklus terakhir yang dilaksanakan. Di dalamnya diuraikan kondisi awal atau pratindakan, deskripsi hasil tes dan nontes pada pelaksaan siklus, dan pembahasan atas hasil tersebut.

BAB V PENUTUP

A. Simpulan
Simpulan harus dibuat sejalan dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian.

B. Rekomendasi
Rekomendasi atau saran didasarkan pada simpulan yang ada.

Bagian Akhir
Daftar Pustaka
Lampiran

CURRICULUM VITAE

(1) Nama : Mukh Doyin
(2) Kelahiran : Ambarawa, 12 Juni 1966
(3) Alamat : Jln. Mars II Blok H-25, Perumahan Jangli Permai Semarang
Telepon 024-8443535, 081-2250-6683
(4) Kantor : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas
Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang

(5) Riwayat Pendidikan:
 SD Jetis Ambarawa (1979)
 SMP Islam Sudirman Ambarawa (1982)
 SPGN Salatiga (1985)
 IKIP Semarang , Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (1990)
 Universitas Indonesia (UI) Program Studi Antropologi Budaya (2001)

(6) Riwayat Pekerjaan:
 Guru SMA Sultan Agung 1 Semarang (1988–1993)
 Staf Pengajar IKIP PGRI Semarang (1990–1995)
 Staf Pengajar (LB) Undip (1993–1996)
 Staf Pengajar (LB) STIK Semarang (1996–sekarang)
 Staf Pengajar Universitas Negeri Semarang (1995–sekarang)

(7) Karya Ilmiah
 Penulisan Karya Ilmiah (Buku, 2000)
 Bahasa Indonesia dalam penulisan Karya Ilmiah (Buku, 2002)
 Kamus Kata Baku Bahasa Indonesia (Buku, 2002, 2005)
 Anekdot Indonesia (Buku, 2003)
 Menulis Surat, Petunjuk, Iklan, dan Poster (Modul, 2004)
 Berbicara Sastra (Modul, 2004)
 Curah Gagasan (Langkah Awal Penulisan Karya Ilmiah) (Buku, 2005)
 Cara Mudah Membaca Puisi (Buku, 2005)
Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

0 Response to "PTK"