RAMBU PTK

RAMBU-RAMBU PENULISAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

MAKALAH
Disampaikan dalam Seminar Sehari
”Penelitian Tindakan Kelas”
yang Diselenggarakan KKG Gugus Trampil Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang
Tanggal 13 Desember 2007

OLEH
Drs. Slamet Trihartanto
Widyaiswara LPMP Jawa Tengah

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
LEMBAGA PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN
JAWA TENGAH
2007
JUDUL PENELITIAN PTK

 Ditulis secara singkat, spesifik dan jelas
 Menggambarkan masalah yang akan diteliti
 Menggambarkan tindakan penelitian yang dipilih untuk memecahkan masalah
 Setting (tempat dan waktu)
 Maksimal sebanyak 20 kata

Contoh:
a. Penggunaan Media Pandang Dengar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas VII SMPN 5 Sukoharjo
b. Peningkatan Kompetensi Menulis Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Fantasi Korelasi di Kelas VIII SMPN 1 Cilacap
c. Upaya Meningkatkan Keberanian Siswa Bertanya dengan Metode “Twenty Question” di Kelas VII SMPN 3 Karanganyar
d. Optimalisasi Hasil Belajar Membaca Pemahaman Melalui Teknik SQ3R pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Surakarta


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

 Masalah PTK yang diangkat:
o Merupakan masalah nyata di kelas / sekolah, bukan hasil kajian teoretik dari buku
o Dapat terinspirasi dari hasil penelitian terdahulu, tetapi digali dari permasalahan pembelajaran yang aktual.
o Masalah didiagnosis secara kolaboratif oleh dosen dan guru.
 Masalah harus bersifat:
o penting dan mendesak untuk dipecahkan,
o dapat dilaksanakan (ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung lainnya).
 Identifikasi masalah disertai data pendukung
 Deskripsikan dan analisis penyebab timbulnya masalah secara komprehensif, sehingga ketemu akar masalahnya.

B. RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHANNYA

a. Rumusan masalah disusun:
 Substansi bentuk rumusan PTK
 Ada permasalahan yang akan diatasi
 Ada alternatif tindakan yang akan diambil dan hasil
positif yang diantisipasi
 Bentuk rumusan menggunakan kalimat tanya, contoh:
 Apakah Penggunaan Metode Matrik Perbandingan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Kawasan regional di SLTPN 3 Surakarta ?

b. Pemecahan Masalah
 Pemecahan masalah berisi:
 Identifikasi alternatif tindakan
 Sajian argumentasi logis terhadap pilihan tindakan atau deskripsi secara logis alternatif tindakan secara konseptual berdasarkan:
 kesesuaiannya dengan masalah
 penyebabnya
 kemutakhirannya,
 keberhasilannya dalam penelitian sejenis
 Berdasarkan teori atau wawancara dengan ahli
 Indikator keberhasilannya secara rasional dan terukur

c. Buat definisi operasional dari variabel pokok penelitian



C. TUJUAN PENELITIAN
Dirumuskan secara singkat dan jelas tentang apa yang ingin diatasi atau dicapai berdasarkan permasalahan dan cara pemecahan masalah yang dikemukakan.
Contoh:
1. Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan penggunaan metode matrik perbandingan
2. Meningkatkan hasil belajar yang lebih bermakna baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa melalui penggunaan penggunaan metode matrik perbandingan

D. MANFAAT PENELITIAN
- Manfaat diuraikan secara jelas dan sistematis baik
- Kemukakan manfaat bagi siswa, guru, komponen pendidikan terkait di sekolah,.
1. Bagi siswa:
a. Tumbuhnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran
b. Meningkatnya hasil belajar siswa baik aspek kognitif maupun afektif
c. Meningkatnya ketrampilan sosial siswa dalam bergaul di lingkungan sosialnya
d. Meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar

2. Bagi guru:
a. mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran Pengetahuan sosial
b. Diperolehnya strategi pembelajaran yang tepat untuk materi bahasan Negara maju dan Negara berkembang
c. Diperolehnya media pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran Kawasan Regional

2. Bagi Sekolah:
a. Meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pengetahuan Sosial
b. Tumbuhnya motivasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran yang bermutu
c. Tumbuhnya iklim pembelajaran siswa aktif di sekolah

BAB II
Kajian Teori dan Hipotesis Tindakan

a. Deskripsikan kajian teori yang relevan dengan topik penelitian yang dilakukan , terutama variabel yang mau diatasi dan variabel digunakan untuk mengatasi
b. Deskripsikan hasil penelitian terdahulu yang relevan dg topik yang diteliti
c. Buat kerangka pemikiran yang menjelaskan keandalan tindakan untuk mengatasi masalah.
d. Buat kerangka pemikiran diatas dalam bentuk gambar skema tindakan
e. Tulislah Hipotesis tindakan.

BAB III
Metode Penelitian

A. Setting Penelitian
Deskripsikan Tempat, kondisi dan waktu penelitian dilakukan

B. Subjek Penelitian
Deskripsikan Subjek penelitian secara lugas yang mencakup jumlah, jenis kelamin, cakupan, kondisi siswa.

C. Siklus Penelitian
Jelaskan jumlah siklus, tindakan siklus I, siklus 2 dan seterusnya disertai dengan penjelasan

D. Prosedur Penelitian
Prosedur Penelitian mencakup: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta analisis dan refleksi
a. Perencanaan Tindakan
Deskripsikan tentang persiapan tindakan, kegiatannya
mencakup :
- penyusunan rencana tindakan (skenario pembelajaran)
- penyusunan media
- penyusunan materi
- penyusunan instrumen
- Simulasi rencana tindakan (skenario pembelajaran)

b. Pelaksanaan tindakan
Deskripsikan rencana pelaksanaan tindakan dalam bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) serta jumlah pertemuaannya.

c. Observasi tindakan
Jelaskan data yang dikumpulkan dan teknik pengumpulan
datanya(soal test, lembar observasi, kuesioner)

d. Analisis dan Refleksi
Deskripsikan teknik analisis yang digunakan serta bahan dan prosedur refleksi yang digunakan

BAB IV
HASIL PENELTIAN DAN PEMBAHASAN

Pada bagian ini sistematika sajiannya dapat dibuat sebagai berikut:
A. Kondisi Awal
B. Siklus I
C. Siklus II
D. Siklus III
E. Siklus berikutnya (jika ada)
F. Pembahasan antar siklus


Penjelasan

A. Kondisi Awal
Deskripsikan fakta dari permasalahan atau kondisi variabel yang ada sebelum dilakukan penelitian, Misalnya: nilai tes rata-rata yang dicapai, aspek ketrampilan sosial yang ada, tingkat keberanian bertanya siswa, miskonsepsi, dan sejenisnya.

B. Siklus I,
Untuk masing-masing siklus dapat disajikan urutan sebagai berikut:
1. Rencana tindakan (deskripsikan skenario pembelajaran),
2. Pelaksanaan tindakan (deskripsi hasil observasi proses pelaksanaan pembelajaran secara rinci dari dari awal sampai akhir setiap pertemuan)
3. Hasil Tindakan (sajikan /deskripsikan hasil analisis data dari observasi proses, hasil test, dan angket)
a. Hasil Belajar siswa aspek kognitif
b. Hasil Belajar siswa apek ketrampilan sosial (keberanian siswa dalam bertanya, berpendapat dan berargumentasi)
c. Efektifitas cara pembelajaran menurut siswa
dan seterusnya
4. Refleksi ( Deskripsikan hasil analisis tindakan dan bandingkan dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan). Deskripsi ini merupakan sajian analisis kritis terhadap indikator kinerja VS hasil tindakan serta pengembangan konsep teoritis dan rencana tindak lanjut yang diperlukan.

B. Siklus II (seperti siklus I)
C. Siklus III ((seperti siklus I)
D. ...........
E. Pembahasan Antar Siklus
Catatan: PTK minimal dilakukan dalam dua siklus.

BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
a. Simpulan :
Merupakan jawaban terhadap perumusan masalah
b. Saran :
Merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian baik yang bersifat teoritis, praktis, maupun kebijakan.
Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

0 Response to "RAMBU PTK"