LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PENILAIAN


A. Penetapan Indikator Pencapaian Hasil Belajar
Indikator merupakan ukuran, karakteristik, ciri-ciri, pembuatan atau proses yang berkontribusi/menunjukkan ketercapaian suatu kompetensi dasar. Indikator dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, seperti: mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menyimpulkan, menceritakan kembali, mempraktekkan, mendemonstrasikan, dan mendeskripsikan.
Indikator pencapaian hasil belajar dikembangkan oleh guru dengan memperhatikan perkembangan dan kemampuan setiap peserta didik. Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi dua atau lebih indikator pencapaian hasil belajar, hal ini sesuai dengan keluasan dan kedalaman kompetensi dasar tersebut. Indikator-indikator pencapaia hasil belajar dari setiap kompetensi dasar merupakan acuan yang digunakan untuk melakukan penilaian.
Contoh penetapan SK dan KD dan Indikator .
1. Mata pelajaran : IPS
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator*
Memahami identi-Tas diri dan kelu-Arga , serta sikapSaling menghormati dalam
Kemajemukan keluarga . 1.1.Mengidentifi -kasi identitas diri , keluarga , dan
kerabat .
1.2.Menceriterakan pengalaman diri. • Siswa dapat menyebutkan identitas diri secara lisan di depan teman-temannya .
• Siswa dapat menceriterakan pengalamannya dalam bentuk karangan sederhana

Indikator* : dikembangkan oleh guru sekolah sesuai dengan kondisi daerah dan sekolah masing-masing .Satu KD dapat dikembangkan menjadi satu atau lebih indikator .

2. Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : III / 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator*
Menulis
Mengungkapkan pikiran,perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi. Menulis puisi ber-
dasarkan gambar dengan ilihan kata
yang menarik • Siswa dapat menyebutkan ciri – ciri kalimat dalam puisi.
• Siswa dapat menulis puisi dengan benar .
B. Pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Teknik Penilaian
Pemetaan standar kompetensi dilakukan untuk memudahkan guru dalam menentukan teknik penilaian.
Contoh pemetaan SK , KD dan Indikator dengan Teknik Penilaian .
1. Mata Pelajaran : I P S
Kelas / Semester : I/1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Aspek Teknik Penilaian
Tes Unjuk kerja Produk Sikap Portofolio
Memahami identitas diri dan keluarga , serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga . 1.1.Mengidentifikasi identitas diri , keluarga , dan kerabat

1.2.Menceriterakan pengalaman diri.
1.3 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga • Siswa dapat menyebutkan identitas diri secara lisan di depan teman-temannya.
• Menceriterakan pengalaman diri.
• Siswa mempraktekkan hidup rukun dengan sesama anggota keluarga.
Peguasaan konsep
C. Penetapan Teknik Penilaian
Dalam memilih teknik penilaian mempertimbangkan ciri indikator, contoh:
• Apabila tuntutan indikator melakukan sesuatu, maka teknik penilaiannya adalah unjuk kerja (performance).
• Apabila tuntutan indikator berkaitan dengan pemahaman konsep, maka teknik penilaiannya adalah tertulis.
.
Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

0 Response to "LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PENILAIAN"