DEMI MASA




Segmen waktu telah melaju ke angka 1430 Hijriyah. Terdapat 3 tipe manusia seiring dengan perubahan waktu, yaitu:

1. Manusia yang beruntung.
Ini adalah mereka yang berubah lebih baik, orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini.

2. Manusia yang rugi.
Mereka yang tidak berubah akan termasuk dalam tipe ini, yaitu orang yang hari ini sama dengan hari kemarin, dan hari esok sama dengan hari ini.

3. Manusia yang celaka,
yaitu jika ia berubah menjadi lebih jelek, yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin, dan hari esok lebih buruk dari hari ini.

Tentu semua orang ingin masuk ke dalam golongan yang beruntung, untuk itu diperlukan perubahan ke arah yang lebih baik. Tetapi pada umumnya ada 3 alasan seseorang tidak mau berubah, yaitu:

1. Tidak tahu.

Jika ada orang yang tidak mau berubah karena tidak tahu, maka solusinya adalah membuat mereka menjadi tahu bahwa mereka harus berubah. Bisa dengan cara memperbanyak majelis ilmu, karena mencari ilmu adalah kewajiban.
Misalnya seseorang yang menyimpan uangnya di bank dengan sistem riba, karena dia belum tahu jika riba haram hukumnya. Mestinya orang tersebut juga berkewajiban untuk mencari ilmu tentang sistem perbankan yang halal.

2. Tidak bisa.

Penyebab seseorang merasa tidak bisa berubah adalah karena ia enggan berpisah dengan segala kesenangan dunia yang telah ia rasakan.
Misalnya seseorang merasa tidak bisa menghentikan kebiasaannya korupsi karena telah merasakan mudahnya memperoleh harta dengan cara tersebut.

3. Tidak mungkin.

Seseorang merasa mustahil bisa berubah bisa jadi karena khawatir terhadap akibat buruk yang tidak diinginkan.
Misalnya seseorang merasa tidak mungkin mengubah cara berpakaiannya karena khawatir akan diberhentikan dari tempatnya bekerja.

Akhir kata: “Sesungguhnya kehidupan dunia adalah kesenangan sesaat yang menipu”

Semoga bermanfaat.

disarikan dari Kajian “Tazkiyatun Nafs”
oleh Drs. H. Syatori Abdul Rouf
di Masjid Al Munawaroh Kompleks eks-Kowilhan Timoho Yogyakarta
Ahad, 30 Dzulhijjah 1428
Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

0 Response to "DEMI MASA"