BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR



Disusun Oleh:
Trubus Triyantono,S.Pd

Pelayanan bimbingan dan konseling di SD mengacu kepada perkembangan siswa SD yang tengah menempuh pendidikan tingkat dasar, beradaptasi dengan lingkungan yang lebih luas dan belajar bersosialisasi dengan mengenal berbagai aturan, nilai dan norma-norma secara sistematik, luas dan konperehensif, serta mempersiapkan diri untuk menatap masa depan. Sejalan dengan itu pelayanan bimbingan dan konseling juga memperhatikan kekhususan tujuan pendidikan dan kurikulum SD.
Materi bimbingan dan konseling di SD termuat ke dalam keempat bidang pendidikan, yaitu bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karier.
A. BIDANG BIMBINGAN PRIBADI
Dalam bidang bimbingan pribadi, pelayanan bimbingan dan konseling membantu siswa SD menemukan dan memahami semua mengembangkan pribadi yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mandiri aktif dan kreatif, serta sehat jasmani dan rohani. Bidang bimbingan ini meliputi pokok-pokok materi berikut :
1.Penanaman sikap dan kebiasaan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2.Pengenalan dan pemahaman tentang kekuatan diri sendiri dan penyalurannya untuk kegiatan-kegiatan yang kreatifdan produktif, baik dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, maupun untuk perannya di masa depan.
3.Pengenalan dan pemahaman tentang bakat dan minat pribadi serta penyaluran dan pengembangannya melalui kegiatan-kegiatan yang kreatif dan produktif.
4.Pengenalan dan pemahaman tentang kelemahan diri sendiri dan usaha-usaha penanggulangannya
5.Pengembangan kemampuan mengambil keputusan sederhana dan mengarahkan diri.
6.Perencanaan serta penyelenggaraan hidup sehat.
B. BIDANG BIMBINGAN SOSIAL
Dalam bidang bimbingan sosial, pelayanan bimbingan dan konseling membantu siswa SD dalam proses sosialisasi untuk mengenal dan berhubungan dengan lingkungan sosial yang dilandasi budi pekerti luhur dan rasa tanggung jawab. Bidang bimbingan ini memuat pokok-pokok materi berikut :
1.Pengembangan kemampuan berkomunikasi baik melalui ragam lisan maupun tulisan secara efektif.
2.Pengembangan kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial. Baik dirumah, di sekolah, maupun dimasyarakat dengan menjunjung tinggi tata krama, sopan santun serta nilai-nilai agama, adat, peraturan dan kebiasaan yang berlaku.
3.Pengembangan hubungan yang dinamis dan harmonis serta produktif dengan teman sebaya.
4.Pengenalan dan pemahaman peraturan dan tuntutan sekolah, rumah dan lingkungan, serta kesadaran untuk melaksanakannya.
C. BIDANG BIMBINGAN BELAJAR
Dalam bidang bimbingan belajar, pelayanan bimbingan dan konseling membantu siswa SD mengembangkan kebiasaan belajar yang baik dalam menguasai pengetahuan dan ketrampilan, serta menyiapkannya untuk melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi. Bidang bimbingan ini membuat pokok-pokok materi berikut :
1.Pengembangan sikap dan kebiasaan belajar untuk mencari informasi dari berbagai sumber balajar, bersikap terhadap guru dan nara sumber lainnya, mengikuti pelajaran sehari-hari, mengerjakan tugas (PR), mengembangkan keterampilan belajar, dan menjalani program penilaian.
2.Pengembangan disiplin belajar dan berlatih, baik secara mandiri maupun kelompok.
3.pemantapan dan pengembangan penguasaan materi pelajaran di SD.
4.Orientasi belajar di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
D. BIDANG BIMBINGAN KARIER
Dalam bidang bimbingan karier, pelayanan bimbingan dan konseling membantu siswa SD mengenali dan mulai mengarahkan diri untuk masa depan karier. Bidang bimbingan ini memuat pokok-pokok materi berikut :
1.Pengenalan awal terhadap dunia kerja dan usaha memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
2.Pengenalan, orientasi dan informasi karier pada umumnya, secara sederhana.
3.Pengenalan dan pemahaman diri secara awal berkanaan dengan kecenderungan karier yang hendak dikembangkan.
4.Orientasi dan informasi sederhana terhadap pendidikan yang lebih tinggi, khususnya dalam kaitannya dengan karier yang hendak dikembangkan.
Catatan :
Bimbingan karier di SD merupakan kegiatan yang paling awal dan mendasar bagi pengembangan karier secara menyeluruh sepanjang hayat. Materi bimbingan karier yang diberikan pada tingkat ini bersifat umum dan tidak mengarah pada jenis-jenis jabatan/ pekerjaan tertentu. Pemberian materi bimbingan karier untuk siswa-siswa SD pada umumnya dimaksudkan untuk :
-Mengembangkan sikap positif terhadap segala jenis pekerjaan.
-Membawa para siswa untuk menyadari betapa luasnya dunia kerja yang ada.
-Menjawab berbagai pertanyaan para siswa tentang pekerjaan.
-Menekankan jasa dari masing-masing jenis pekerjaan, yaitu untuk kesejahteraan hidup rumah tangga dan masyarakat.
Informasi pekerjaan untuk siswa kelas tinggi SD Perlu diperluas dan diperkuat. Hal ini bertujuan agar mereka memahami bahwa :
-Pekerjaan ada di mana-mana, ditingkat desa, kecamatan, kabupaten, propinsi, negara, dan bahkan dunia.
-Terdapat saling ketergantungan antara pekerjaan yang satu dengan yang lainnya.
-Baik kemampuan khusus maupun ciri-ciri kepribadian tertentu diperlukan untuk mencapai keberhasilan bagi sebagian besar jenis pekerjaan.
-Untuk memilih suatu pekerjaan diperlukan informasi yang tepat, yaitu tentang hakekat pekerjaan itu sendiri, latihan yang diperlukan, kondisi kerja, dsb.
-Ada antara pekerjaan yang satu dengan yang lainnya.
-Baik kemampuan khusus maupun ciri-ciri kepribadian tertentu diperlukan untuk mencapai keberhasilan (kesuksesan) bagi sebagian besar jenis pekerjaan.
-Untuk memilih suatu pekerjaan diperlukan informasi yang tepat, yaitu tentang hakekat pekerjaan itu sendiri, latihan yang diperlukan, kondisi kerja, dsb.
-Ada berbagai masalah yang mungkin dihadapi oleh orang-orang yang menginginkan pekerjaan tertentu.
-Untuk memilih pekerjaan atau karier di masa depan perlu kehati-hatian dan pertimbangan yang matang.
Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

0 Response to "BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR"